Connect with us

Terapi Sensori Integrasi membantu anak yang mengalami gangguan sensorik

Terapi

Terapi Sensori Integrasi membantu anak yang mengalami gangguan sensorik

Foto: Galuh Handayani

Terapi Sensori Integrasi membantu anak yang mengalami gangguan sensorik

Terapi ini bukan untuk ABK saja, tetapi juga anak yang mengalami gangguan sensorik. “Biasanya ada pengaruh sensasi melihat, mendengar, jadi tidak hanya panca indera yang menjadi perhatian SI tetapi juga vasil, taktil dan vestibular seperti dalam terapi okupasi,” ungkapnya.

Anak-anak yang mengalami masalah SI biasanya akan menunjukkan beberapa perilaku dan masalah belajar. Misalnya masalah emosi, perhatian gampang teralih, kurang bisa mengontrol diri, terlalu peka atau kurang peka terhadap sentuhan, gerakan, atau suara. Ditambahkan Rita, sebagian anak menunjukkan kondisi cuek dan tidak peduli pada orang di sekitarnya, mengalami hambatan pada perkembangan keterampilan motorik, bicara serta pengertian bahasa.

Terkadang anak dengan masalah SI juga mendapatkan terapi lain untuk melengkapi. “Ada anak yang memiliki masalah dengan sensorinya, misalnya pemalu, takut yang berlebihan, tantrum, kalau dipeluk merasa sakit, padahal kena knalpot diam saja. Nah, treatment yang diberikan tidak hanya terapi untuk SI saja, tetapi juga sekaligus okupasi bahkan behavior atau terapi perilaku sambil berjalan beriringan,” jelasnya.

Pada umumnya, masalah SI ditemukan pada anak-anak yang mengalami masalah perkembangan seperti ADHD, gangguan perkembangan perpasif seperti autisma, sindrom asperger. Untuk gangguan tersebut ada metode yang juga diberikan, salah satunya adalah SPD (Sensory Perpasive Development).

Pada anak-anak yang masih berusia batita, terapi SI akan membuatnya lebih paham apa yang terjadi di sekitarnya dan bagaimana memberikan reaksi yang sesuai. Dengan evaluasi secara berkala perkembangan anak pun akan terlihat. Lewat beberapa aktivitas yang diberikan terapi SI, anak akan memiliki kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengatur, memiliki kepercayaan diri, kemampuan akademik serta kemampuan berpikir abstrak dan penalaran yang baik. 

Sumber : Tabloidnova.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Terapi

Berita terkini

Trend

Berita

FIELDTRIP to MONJAYA

By November 17, 2017

Sumber Belajar

Dampak gunung krakatau yang mendunia

By Oktober 19, 2017

Sumber Belajar

Gunung Agung

By Oktober 19, 2017

Sumber Belajar

Gunung di Indonesia

By Oktober 19, 2017
To Top