Connect with us

MENGIDENTIFIKASI LARUTAN ASAM, BASA DAN GARAM DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS LAKMUS

Berita

MENGIDENTIFIKASI LARUTAN ASAM, BASA DAN GARAM DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS LAKMUS

Pernahkah kalian melihat ibu dirumah menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan perasan air lemon?? Nah, ternyata air lemon memiliki sifat asam yang dapat menghasilkan ion sitrat. Ion tersebut dapat bereaksi dengan banyak logam dan mengikat ion-ion logam dengan pengkelatan. Kemampuan untuk mengkelat logam tersebut membuat air lemon berguna sebagai bahan sabun untuk mencuci noda-noda yang membandel.
Berdasarkan hal tersebut, ternyata zat memiliki sifat yang berperan sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain sifat asam, terdapat juga dua sifat zat lainnya yaitu basa dan garam. Pembelajaran tentang sifat zat asam, basa dan garam merupakan materi yang wajib di pelajari siswa khususnya siswa kelas VII. Untuk dapat lebih memahami konsep asam, basa dan garam, Guru IPA SMP Galuh Handayani mengajak siswa-siswi untuk melakukan kegiatan eksperimen dengan judul “Mengidentifikasi Larutan Asam, Basa dan Garam dengan Menggunakan Kertas Lakmus”.
Pada kegiatan eksperimen, guru membagi siswa kelas VII menjadi 3 kelompok dengan masing-masing kelompok memiliki anggota sebanyak 3-4 orang. Setiap kelompok mendapatkan alat dan bahan praktikum meliputi plat tetes, pipet, gelas mika, kertas lakmus, garam, sabun cair, gula, teh, detergen, dan jeruk nipis. Adapun prosedur yang dilakukan dalam praktikum adalah sebagai berikut:
1. Siswa membuat larutan dari masing-masing bahan yang telah disediakan oleh guru
2. Siswa meletakkan kertas lakmus merah dan biru pada plat tetes
3. Siswa membasahi kertas lakmus dengan menggunakan larutan yang telah dibuat menggunakan pipet tetes
4. Siswa mengamati perubahan kertas lakmus dan mencatat pada LKS
Cara untuk mengetahui sifat larutan yang diujicoba yaitu dengan melihat perubahan warna pada kertas lakmus. Kertas lakmus merah akan berubah menjadi biru jika ditetesi dengan larutan basa. Kertas lakmus biru akan berubah menjadi warna merah jika ditetesi dengan larutan asam. Kertas lakmus tidak akan berubah warna jika ditetesi dengan larutan garam.
Kegiatan praktikum asam, basa dan garam yang telah dilakukan berjalan dengan sangat baik. Para siswa mampu menemukan konsep sifat suatu zat (asam, basa dan garam) berdasarkan eksperimen mereka sendiri.

windows 7 is a version of windows that succeeded windows vista Windows 7 Professional Key
basic information about microsoft windows 7,including editions,service packs,release date,minimum and maximum hardware,and more Windows 7 Home Premium Key
expert opinions,reviews & commentary about microsoft windows 7 operating system Windows 7 Ultimate Key
in most cases,you can do an in-place upgrade of vista to windows 7 Windows 7 Home Basic Key
shop microsoft operating systems;windows 7,8 and 10 Home and professional.offers the best prices,shipping and top-rated customer service Windows 7 Enterprise Key

Oleh:
Maulidya Rosaline, S.Pd.
Guru Mata Pelajaran MIPA SMP Galuh Handayani Surabaya

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

Berita terkini

Uncategorized

Hello world

Trend

To Top