Connect with us

MENGAMATI PERTUMBUHAN TANAMAN PADA BIJI KACANG HIJAU

Berita

MENGAMATI PERTUMBUHAN TANAMAN PADA BIJI KACANG HIJAU

Pertumbuhan dapat diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Sedangkan perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaan yang tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua aktivitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan, karena prosesnya berjalan bersamaan. Pertumbuhan dan Perkembangan merupakan materi IPA yang diajarkan pada siswa-siswa SMP Galuh Handayani kelas VIII.
Pada materi IPA kali ini, Guru mengajak siswa untuk melakukan tugas proyek dengan judul “Mengamati Pertumbuhan Tanaman pada Biji Kacang Hijau”. Tugas proyek ini dilakukan oleh siswa-siswi kelas VIII SMP GAluh Handayani. Materi yang diajarkan pada bab pertumbuhan dan perkembangan dapat dicontohkan pada kehidupan sehari-hari seperti pertumbuhan pada manusia dari bayi hingga dewasa, pertumbuhan tanaman dari biji hingga menjadi tanaman yang memiliki organ yang utuh, dan masih banyak lagi.
Alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum yaitu biji kacang hijau, botol aqua bekas, kapas, kresek hitam, karet dan air secukupnya. Pada kegiatan praktikum, guru membagi siswa ke dalam 8 kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 2 orang. Adapun prosedur pelaksanaan praktikum adalah sebagai berikut: mula-mula kacang hijau direndam selama 1 x 24 jam setelah itu para siswa melakukan eksekusi untuk membuat media pertumbuhan biji kacang hijau. Setiap kelompok membuat dua media pertumbuhan dengan menggunakan botol bekas sebagai alasnya. Botol bekas tersebut diambil bagian bawahnya saja, kemudian diberi kapas. Kapas yang telah disusun merapa pada permukaan bawah botol kemudian diberi tetesan air secukupnya hingga membasahi kapas. Setelah itu, siswa meletakkan 10 biji kacang hijau pada kapas dengan memberi jarak pada masing-masing biji kacang hijau. Perlakuan yang diberikan ada dua macam yaitu pertumbuhan di tempat terang yang dikenai cahaya matahari langsung dan pertumbuhan di tempat gelap dengan cara menutup menggunakan kresek hitam pada bagian atasnya.

Pengamatan pada pertumbuhan biji kacang hijau dilakukan selama dua minggu dengan pengukuran panjang tanaman selama dua hari sekali. Pengukuran dilakukan pada tiga biji yang mengalami pertumbuhan paling panjang untuk perlakuan terang dan gelap kemudian diambil rata-ratanya. Pada kegiatan pengamatan, siswa diajarkan untuk memiliki sikap tanggungjawab pada hasil pengamatannya masing-masing karena jika tidak dilakukan pengukuran sesuai waktu yang telah disepakati maka akan menyebabkan kesalahan dalam menentukan rekam jejak pertumbuhan biji kacang hijau. Kegiatan praktikum berjalan dengan lancar dan sesuai dengan konsep yang telah dibuat oleh guru.

Oleh:
Maulidya Rosaline, S.Pd.
Guru Mata Pelajaran MIPA SMP Galuh Handayani Surabaya

windows 7 is a version of windows that succeeded windows vista Windows 7 Professional Key
basic information about microsoft windows 7,including editions,service packs,release date,minimum and maximum hardware,and more Windows 7 Home Premium Key
expert opinions,reviews & commentary about microsoft windows 7 operating system Windows 7 Ultimate Key
in most cases,you can do an in-place upgrade of vista to windows 7 Windows 7 Home Basic Key
shop microsoft operating systems;windows 7,8 and 10 Home and professional.offers the best prices,shipping and top-rated customer service Windows 7 Enterprise Key

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

Berita terkini

Trend

To Top