Connect with us

Siswa SD Galuh Handayani Melestarikan Permainan Tradisional “Engklek”

Berita

Siswa SD Galuh Handayani Melestarikan Permainan Tradisional “Engklek”

Melestarikan Permainan Tradisional, Rona wajah siswa-siswi SD Galuh Handayani Surabaya tampak kaget/kagum ketika benner permainan engklek di pasang di halaman sekolah. dengan penasaran, mereka berusaha mendekati benner permainan tradisional tersebut. melihat tingkah bocah-bocah  SD tersebut, Kepala Sekolah SD Galuh Handayani mempersilahkan meraka untuk mencoba permainan tersebut.Pada hari ke 4 tahun pelajaran 2017-2018 di SD Galuh Handayani (20-juli-2017), Kepala Sekolah beserta semua Guru sengaja memperkenalkan permainan “Engklek” tersebut untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang manfaat permainan tradisional tersebut yang manfaatnya lebih besar jika dibandingkan permainan modern.
Permainan Tradisional “Engklek”

Permainan Tradisional “Engklek”

Permainan Tradisional “Engklek”

Permainan Tradisional “Engklek”

adapapun manfaat permainan tersebut antara lain:

  1. Kecerdasan Bodily (Kinestetik Jasmani)

Pada permainan engklek atau jangka banyak terdapat gerakan-gerakan, dengan kata lain dengan melakukan permainan engklek atau jangka, anak-anak telah melakukan olah raga, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, serta mengembangkan keterampilan dalam pertumbuhan anak. Hal ini dapat membantu untuk perkembangankecerdasan Kinestetik anak.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Ada beberapa  keterampilan sosial yang dapat dipelajari anak ketika anak bermain engklek, yaitu kompetisi, negosiasi, komunikasi dan empati. Hal ini dapat meningkatkankecerdasan interpersonal anak untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar.

  1. Kecerdasan Intrapersonal

Pada permainan engklek, anak-anak dituntut untuk melatih kesabaran, pengendalian diri, mengurangi rasa cemas, dan melatih konsentrasi. Dengan begitu anak dapat mengukur sejauh mana kemampuan dirinya dalam menghadapi masalah. Hal ini bisa meningkatkan kecerdasan Intrapersonal pada anak.

  1. Kecerdasan Naturalis

Engklek atau jangka adalah permainan yang biasanya dimainkan di alam terbuka. Hal ini dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak-anak karena dapat mengenal bentuk-bentuk alam disekitarnya, merasakan keadaan alam dan meyakini bahwa adanya pencipta alam yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Permainan Tradisional “Engklek”

Permainan Tradisional “Engklek”

Kepala SD Galuh Handayani Surabaya “Ferriany Eka Valianty, S.Pd” menuturkan bahwa alhamdulillah semua siswa SD merasa senang dan gembira.Walaupun ada siswa yang masih dengan santainya melompat dengan semau sendiri. tetapi secara keseluruhan semua siswa SD galuh Handayani gembira melakukan permainan tradisional tersebut.

2 Comments

2 Comments

  1. Ratih Anggraeni

    Juli 20, 2017 at 11:22 am

    Pak Ewiiinnn, trims ya utk tulisannya. Pengobat kangen anak2, sukses terus sekolah Galuh Handayani

    • mm

      erwin fermawan

      Juli 21, 2017 at 5:53 am

      sama-sama bu ratih. tim SD dan kepala sekolah berusaha untuk melestarikan kembali mainan tradisional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

Berita terkini

Trend

Berita

FIELDTRIP to MONJAYA

By November 17, 2017

Sumber Belajar

Dampak gunung krakatau yang mendunia

By Oktober 19, 2017

Sumber Belajar

Gunung Agung

By Oktober 19, 2017

Sumber Belajar

Gunung di Indonesia

By Oktober 19, 2017
To Top