Connect with us

Kegiatan pramuka para pandu masa depan

Photo : Galuh Handayani

Berita

Kegiatan pramuka para pandu masa depan

Jika kita membaca kata “Pramuka”, apa yang ada dalam benak kita?. apakah sekumpulan anak yang berkegiatan di alam terbuka? Atau kegiatan sekumpulan anak dengan menggunakan perlengkapan scout lengkap? Ataukah sekumpulan anak yang suka bermain Yel-yel dan sorak sorai gembira?. Ya benar sekali, semua yang disebutkan diatas merupakan bagian dari kegiatan Pramuka yang diselingi dengan suka cita, saling membantu, empati sesama anggota dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kegiatan Pramuka di Sekolah Galuh Handayani merupakan kegiatan Ekstrakurikuler wajib yang dilaksanakan berdasarkan amanah Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan Pramuka Sekolah Galuh Handayani dilaksanakan setiap Hari Kamis dengan melibatkan anggota Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak. Keanggotaan pramuka siaga terdiri atas anggota yang berusia 7-10 Tahun dengan kelompok yang diberi nama “Barung”. Penamaan Barung pada kelompok siaga dengan memakai warna seperti Barung Merah, Barung Biru, Barung Putih dan sebagainya.

Kegiatan pramuka Sekolah Galuh Handayani untuk usia Penggalang yaitu usia 10-15 tahun dengan anggota SD Kelas besar dan SMP. Penamaan kelompok Penggalang diberi nama Regu dengan memakai nama Binatang dan Tumbuhan seperti Regu Singa, Regu Cobra, Regu Gajah bagi pasukan penggalang laki-laki. Untuk pasukan penggalang perempuan diberi identitas nama tumbuhan seperti Regu Anggrek, Regu Melati, Regu Tulip. Kegiatan pasukan penegak yaitu usia 16-18 tahun dengan anggota siswa tingkat SMA. Penamaan kelompok penegak diberi nama Ambalan dengan memakai nama-nama Pahlawan Nasional Indonesia. Pasukan penegak putra diberi nama Ambalan dengan sosok pahlawan laki-laki seperti Ambalan Sudirman, Ambalan Pattimura, Ambalan Diponegoro dan sebagainya. Pasukan penegak putri diberikan nama Ammbalan dengan sosok pahlawan perempuan seperti Ambalan Tjut Nyak Dien, Ambalan Christina Martha Tiahahu, Ambalan Dewi Sartika dan lain sebagainya.

Kegiatan Pramuka, merupakan kegiatan pembentukan mental dan karakter peserta didik dalam hal ketahanmalangan, berjiwa ksatria dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang sangat berguna untuk kehidupan berikutnya ketika sudah dewasa dan menjadi bagian dari masyarakat luas.

Kegiatan pramuka

Kegiatan pramuka

 

Oleh

Mukhamad Yunus Priambodo., S.Pd., Gr

PEMBINA PRAMUKA SEKOLAH GALUH HANDAYANI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

Berita terkini

Trend

Berita

FIELDTRIP to MONJAYA

By November 17, 2017

Sumber Belajar

Dampak gunung krakatau yang mendunia

By Oktober 19, 2017

Sumber Belajar

Gunung Agung

By Oktober 19, 2017

Sumber Belajar

Gunung di Indonesia

By Oktober 19, 2017
To Top