Connect with us

Field Trip Sekolah Galuh Handayani Semester I Tahun Pelajaran 2017-2018 “Menyelusuri Lorong Waktu Masa Lampau Melalui Museum”

Berita

Field Trip Sekolah Galuh Handayani Semester I Tahun Pelajaran 2017-2018 “Menyelusuri Lorong Waktu Masa Lampau Melalui Museum”

Pada Hari Kamis tanggal 16 Nopember 2017, kami keluarga besar Sekolah Galuh Handayani ( SMP, SMA dan College) berkesempatan untuk melaksanakan Field Trip. Field Trip atau Karya Wisata ini secara rutin kami laksanakan setiap satu semester satu kali. Kali ini, Field Trip memilih tema “Sejarah, Ruang, dan Waktu dalam Perjalanan Bangsa dan Negara Indonesia”.

Lokasi Field Trip kali ini yaitu Museum Mpu Tantular yang berada di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Kami semua berangkat tepat pukul 08.00 dengan menggunakan mobil angkutan dengan didampingi oleh para staff dan dewan guru.  Perjalanan dari Surabaya menuju Sidoarjo kami tempuh kurang lebih satu jam. Diperjalanan kami bercerita dan bersenda gurau dengan teman beserta guru kami. Tak lupa kami juga diberikan penjelasan bagaimana mematuhi lalu lintas serta ditunjukkan makna dari lampu rambu-rambu lalu lintas yang berwarna merah, kuning dan hijau. Akhirnya sampailah kami di Museum Mpu Tantular. Dipintu gerbang kami dilayani dengan sangat baik oleh petugas dan kami mulai memasuki lingkungan museum yang sangat luas. Didalam museum kami diperkenalkan dengan Tour Guide dari Museum. Tour Guide adalah sebutan bagi pemandu wisata pada sebuah objek wisata. Kami diajak menelusuri perkembangan kebudayaan serta perkakas hidup manusia dari palling sederhana hingga modern. Tak lupa kami juga diajak untuk melihat peninggalan sejarah zaman Islam serta zaman penjajahan di Indonesia, ada alat perang, manik-manik, senjata, perkakas hidup dan lain sebagainya.

Dengan adanya Field Trip kali ini diharapkan siswa-siswi Sekolah Galuh Handayani mampu memahami dan melestarikan peninggalan sejarah yang diwariskan oleh nenek moyang serta pendahulu kepada generasi muda. Mengunjungi museum juga memiliki manfaat lain yaitu, dapat mengenal dan mempelajari pola pikir dan cara pandang manusia terdahulu dalam kehidupan. Setelah puas mengamati dan mendengarkan penjelasan dari Tour Guide, tibalah saat kami untuk kembali ke Surabaya, menuju sekolah kebanggan Galuh Handayani. Sebelum rombongan siswa dan guru pamit, kami menyempatkan untuk berfoto bersama dengan para petugas museum yang telah sangat baik melayani kami untuk sehari menyelusuri perjalanan sejarah serta lorong dan waktu bangsa Indonesia. Mempelajari pelajaran sejarah dengan mengunjungi museum sangat menyenangkan dan dapat memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran agar terdapat variasi antara dikelas dan diluar kelas. Sampai berjumpa di Field Trip selanjutnya dengan lokasi suasana yang tentunya lebih menyenangkan.

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita

To Top