Connect with us

BELAJAR ORGAN SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENYUSUNAN PUZZLE

Sumber Belajar

BELAJAR ORGAN SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENYUSUNAN PUZZLE

Pencernaan makanan pada manusia merupakan proses mengubah makanan dari ukuran yang lebih besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan lebih halus, untuk memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzim dan juga organ-organ pencernaan makanan. Salah satu materi IPA yang harus dipelajari pada siswa kelas VIII yaitu materi sistem pencernaan. Proses pencernaan makanan selalu terjadi setiap saat ketika kita memasukkan makanan ke dalam tubuh. Bagaimana proses pencernaan makanan itu dapat terjadi pada tubuh kita???

Tubuh kita memiliki organ-organ fungsional yang dikhususkan untuk mengatur jalannya proses pencernaan makanan. Organ-organ tersebut antara lain mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Masing-masing organ memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Pencernaan yang terjadi dalam tubuh melibatkan dua macam proses penting yaitu pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi. Proses pencernaan makanan secara mekanik adalah proses mengubah bentuk makanan dari ukuran besar/kasar menjadi ukuran kecil/halus dengan menggunakan gigi. Sedangkan proses pencernaan makanan secara kimiawi adalah proses perubahan zat makanan yang kompleks menjadi zat makanan yang lebih sederhana dengan bantuan enzim. Enzim adalah zat yang dihasilkan oleh organ tubuh yang berfungsi untuk mempercepat proses reaksi kimiawi yang ada di dalam tubuh.

Pada pembelajaran kali ini, Guru pengampu mata pelajaran MIPA mengajak siswa-siswa untuk bermain puzzle secara berkelompok. Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu buah kertas karton, lem, pensil warna dan potongan puzzle organ sistem pencernaan. Para siswa diminta untuk menyusun organ-organ sistem pencernaan yang telah diacak untuk disusun sesuai dengan urutannya mulai dari organ mulut hingga anus. Siswa-siswa dalam satu kelompok sangat antusias dalam menyusun puzzle. Mereka tampak saling beradu pendapat dalam menyusun puzzle karena gambar organ sistem pencernaan yang telah diacak cukup membuat siswa kebingungan dalam menempatkan organ yang tepat posisinya dan sesuai dengan urutannya. Namun, hal itu tidak membuat siswa berhenti menyusun puzzle, mereka terus melakukan diskusi hingga dapat menyusun organ sistem pencernaan dengan benar dengan dibimbing oleh guru. Setelah penyusunan puzzle selesai dilakukan, setiap kelompok harus mewarnai masing-masing organ agar mudah dikenali dan diingat bentuk-bentuk organ tersebut beserta fungsinya. Pembelajaran sistem pencernaan yang berlangsung saat itu sangat menyenangkan karena anak-anak belajar dengan ceria dan antusias saat bekerja dalam team.

Oleh:

Maulidya Rosaline, S.Pd.

Guru Mata Pelajaran MIPA SMP Galuh Handayani Surabaya

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sumber Belajar

Berita terkini

Uncategorized

Hello world

Trend

To Top