Connect with us

Terapi wicara merupakan terapi yang diberikan untuk mengembangkan kemampuan berbicara secara baik

Foto: Galuh Handayani

Terapi

Terapi wicara merupakan terapi yang diberikan untuk mengembangkan kemampuan berbicara secara baik

Terapi wicara merupakan terapi yang diberikan untuk mengembangkan kemampuan berbicara atau bahasa secara baik sesuai dengan norma bahasa yang ada. Lewat terapi ini, diharapkan anak dapat mengekspresikan dan berkomunikasi dengan baik, tak hanya kepada orangtua tetapi juga lingkungan sekitarnya.

Sebelum mendapatkan terapi wicara, anak akan mendapatkan observasi dan assessment terlebih dahulu. “Dengan observasi akan ketahuan apa yang terjadi pada anak dan terapinya pun sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika yang terganggu oral motornya maka materi yang diberikan adalah melatih oral motornya,” kata Rita.

Banyak gerakan yang mampu merangsang agar oral motor anak dapat dilatih maksimal, dimulai dengan memberikan pijatan di pipi dan rahang, mengolah nafas, mengisap, dan masih banyak lagi. Untuk terapi wicara, anak ditangani terapis dengan sistem one on one alias secara personal sehingga terapis bisa terus memantau perkembangannya. Durasi satu sesi terapi lamanya sekitar satu jam. Umumnya terapi wicara ini diberikan kepada ABK yang mengalami speech delay, ADHD, autisma, palsi serebral dan sindroma down.

Untuk memantau perkembangan anak, evaluasi wajib diinformasikan kepada orangtua. “Biasanya setiap 3 bulan sekali ada laporan yang menyertakan hasil perkembangan anak kepada orangtua. Apabila memang perkembangannya bagus, terapis akan merekomendasikan untuk mengakhiri sesi terapi,” jelas Rita. Namun, Rita menambahkan, kerjasama dan keterlibatan orangtua di rumah juga turut memengaruhi perkembangan bicara anak.

Untuk biaya, masing-masing klinik memiliki tarif berbeda-beda. Namum umumnya berkisar dari Rp1,6juta untuk 8 sesi pertemuan.

Sumber : Tabloidnova.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Terapi

Berita terkini

Trend

Peningkatan kompetensi

Peningkatan Kompetensi Guru & Tenaga didik

By Mei 13, 2017

Peningkatan kompetensi

Pengembangan Signalong Indonesia

By Mei 13, 2017

Peningkatan kompetensi

In House Training (IHT) setiap akhir pekan

By Mei 13, 2017
To Top