Connect with us

Terapi perilaku dilakukan untuk melatih anak agar adaptif

Foto: Galuh Handayani

Terapi

Terapi perilaku dilakukan untuk melatih anak agar adaptif

Terapi behaviour atau terapi perilaku dilakukan untuk melatih anak agar adaptif dan berperilaku sesuai norma yang ada. Bahkan biasanya, untuk mendapatkan terapi sesuai kebutuhan anak, terapi perilaku ini selalu menjadi salah satu terapi yang melengkapi. “Terapi ini penting karena ketika mendapatkan terapi anak dapat memahami instruksi yang diberikan dan dapat belajar bagaimana bersikap yang baik,” ungkapnya.

Pada terapi ini, metode yang digunakan adalah ABA (Applied Behavioral Analysis) yang bisa menekankan pada kemampuan bahasa anak, aktivitas sosial, emosional sampai kemampuan untuk mandiri.

Teknik ABA dapat meningkatkan pemahaman dan kepatuhan anak terhadap aturan yang berlaku baik di rumah atapun di lingkungan sekitarnya. “Sistem reward dan punishment juga akan memotivasi anak dan merespons untuk belajar dengan efektif,”

Pada terapi ini, orangtua harus terlibat secara penuh agar perkembanganya dapat lebih cepat. “Biasanya diperhatikan target perilaku apa dulu yang mau diubah dan harus jelas serta spesifik. Kemudian diberikan juga tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang hendak dicapai agar anak berkembang. Sekali lagi peran orangtua di rumah untuk ikut membantu perkembangan anak itu wajib. Walaupun anak tantrum dan orangtua tidak tega tetapi peraturan harus menjadi peraturan ,”.

Sumber : Tabloidnova.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Terapi

Berita terkini

Trend

Peningkatan kompetensi

Peningkatan Kompetensi Guru & Tenaga didik

By Mei 13, 2017

Peningkatan kompetensi

Pengembangan Signalong Indonesia

By Mei 13, 2017

Peningkatan kompetensi

In House Training (IHT) setiap akhir pekan

By Mei 13, 2017
To Top